Produk Sepi Pembeli? Perbaiki dengan Taktik Marketing 4P Ini!

marketing mix

Produk anda bagus tapi heran kenapa masih sepi pembeli? Eits, jangan buru-buru ganti produk atau kasih diskon gede-gedean ya. Analisa dengan unsur 4P, Product, Price, Place, dan Promotion.

4P merupakan satu kesatuan elemen taktik dalam pemasaran yang dapat membantu anda menentukan strategi marketing yang ingin dilakukan (marketing mix).

1. Product

Pastikan produk anda sudah ngangenin dan punya diferensiasi yang kuat. Cari tahu dengan jawab 3 pertanyaan ini

  •  Apa kelebihan produk anda dibanding kompetitor?
  • Kenapa konsumen ‘harus’ membeli produk anda?
  • Apakah produk anda dapat memuaskan konsumen?

2. Price

Jangan terburu-buru mengambil keputusan menurunkan harga jual produk anda. Bisa jadi, bukan harganya yang terlalu mahal mereka tidak mau membeli, tapi karena ini

  •  Target marketnya salah
  • Produknya belum valid/ngangenin
  • Packaging yang kurang menarik

3. Place

Produk yang tepat dengan harga semahal apapun jika dipasarkan sesuai dengan tempat dan target marketnya, pasti akan laris manis.

Jika bisnis anda tempat makan atau cafe, coba cari tempat dimana target market anda berkumpul (sarang semut). Misalnya di daerah kampus atau perkotaan. Begitupun dengan kategori bisnis dan produk lainnya. Sesuaikan tempat dengan produk dan target market anda.

4. Promotion

Promosi online atau offline? Kembali lagi, bergantung ke target market anda. Jika target market anda millenial dan gen z, pastikan anda aktif di social media.

Intinya dimana mereka berkumpul, disitu kita ‘serang’ dengan promosi

Mau belajar lebih lanjut terkait marketing dan materi bisnis lainnya? YEA Open Batch 41 Start kelas 25 Juni 2020. Daftar di bit.ly/daftarYEA41 atau klik disini.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA