• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

5 Strategi Viral Marketing dari Burger King, Mau Contek??

burger king viral

Brand burger yang satu ini memang selalu out of the box saat membuat konten. Dari mulai mengajak genjatan senjata pada kompetitor, membuat video proses pembusukan burger, hingga mengajak konsumennya untuk membeli produk di kompetitornya.

Yuk kita bahas satu persatu, apa saja yang sudah Burger King buat hingga viral kemana-mana.

1. Menyatakan genjatan senjata dan berkolaborasi namun ditolak

Burger King ingin mengajak McDonald’s untuk memadukan makanan terbaiknya menjadi 1 menu baru, namun ditolak.

2. Membuat video proses pembusukan burger

Video ini menggambarkan bagaimana keadaan burger dari Burger King jika didiamkan selama 34 hari. Burger King ingin menyatakan bahwa burger mereka tidak menggunakan pengawet sama sekali, terbukti dari video proses pembusukan tersebut.

BACA: Wow, Omset Hombis Anak YEA di Saat Pandemi Capai 76 Juta dalam 2 Bulan??!!

3. Mengajak orang untuk membakar iklan produk lain menggunakan aplikasi android

Bisa dibilang the best sih kalau yang satu ini. Untuk bisa membakar iklan kita harus mendownload aplikasi Burger King dan arahkan pada iklan di jalan atau banner, maka akan muncul api di hp kita. Setelah api padam, akan muncul kupon gratis Whopper di Burger King terdekat. Namun sayang, ini hanya ada di Brazil.

4. Menjadi sponsor klub bola yang tidak terkenal

Burger King mendapatkan pujian karena keputusan mereka untuk menjadi sponsor tim Liga 2 Inggris, Stevenage. Padahal klub yang satu ini selalu berada di dasar dan bukan tim favorit. Tapi ternyata klub tersebut selalu lolos di setiap edisi game FIFA makanya mereka menaruh logonya di bagian depan jersey tim ini. 

Mereka juga menciptakan Stevenage Challenge agar gamers bermain menggunakan klub ini dan membagikan kesuksesannya di media sosial. Bahkan para pemain sepak bola top seperti Lionel Messi dan Moh Salah juga digunakan gamer untuk mengambil bagian di permainan ini. Sehingga logo Burger King di kaus pun ikut populer dan banyak dilihat.

5. Mengajak konsumen membeli produk kompetitor

Nah kalau ini cara cerdasnya Burger King yang mengambil angle PHK dan menggugah simpati para netizen sehingga mau tidak mau orang aware dengan Burger King. Bahasanya elegan, dan mengundang simpati. Bahkan Wendy’s Indonesia juga merespon surat tersebut dengan memberikan ucapan terima kasih pada Burger King di story instagramnya sebagai bentuk menebarkan kebaikan untuk sesama. 

Wah kalau sesama kompetitor saling dukung adem rasanya ya. Mungkin impact langsung ke penjualan tidak dirasakan saat itu, namun nama baik dan image di mata konsumen akan tumbuh dan itu jauh lebih penting. Penjualan akan datang selanjutnya.

Sukses selalu bagi para pencipta lapangan pekerjaan di Indonesia, semoga Allah berkahi dan mudahkan kita untuk selalu melangkah meskipun dalam kondisi pandemi sekalipun.

Salam,

Young Entrepreneur Academy

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA