• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Faktor Penting dalam Bisnis, Belajar Mensejahterakan Karyawan dari Pak Jonan

Faktor Penting dalam Bisnis, Belajar Mensejahterakan Karyawan dari Pak Jonan

Saat pertama kali menjabat menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) di tahun 2009, hal yang pertama kali pak Ignasius Jonan benahi adalah kesejahteraan karyawan. Bayangkan di tahun 2009, gaji pokok Kepala Stasiun Gambir yang merupakan paling senior dari 750 stasiun se-Indonesia hanya menerima Rp2,7 Juta per bulan. (data: BigAlpha)

Pak Jonan lantas mencari solusi. Bagaimana bisa mereka bekerja optimal jika penghasilannya saja tak mencapai Rp100 ribu sehari. Menurut beliau, penghasilan karyawan punya korelasi kuat dengan kualitas kerja mereka.
Perlahan tapi pasti, gaji pokok Kepala Stasiun Gambil naik hingga 10 kali lipat. Saat berbincang di program YouTube Helmy Yahya Berbicara, pak Jonan menceritakan dampak kenaikan gaji tersebut terhadap kinerja karyawan

“Jika sebelumnya penghasilan parkir Stasiun Gambir tahun 2009 Rp3 juta/hari. Ketika THP (take home pay) kepala stasiunnya dinaikkan, penghasilan parkir naik 300x lipat jadi Rp100 juta/hari,” ungkap pak Jonan

BACA: Dari Haus Ilmu sampai Punya Visi, Ini Lima Pola Sukses Pengusaha

Selain menaikkan penghasilan kepala stasiun sampai penjaga pintu perlintasan, Pak Jonan juga memperkaya perspektif dan ilmu karyawan dengan mengirim mereka belajar langsung ke berbagai negara. Bukan para eksekutif yang dikirim, tapi para operator lapangan. Dampaknya mereka jadi lebih semangat dan merasa dihargai.

Pak Jonan percaya, promosi hanya dilakukan berdasarkan satu faktor yakni kinerja. Karyawan senior bernama pak Subakari yang merupakan tamatan SMA dan memulai karir di KAI sebagai juru langsing. Di masa pak Jonan, jabatan pak Subakir adalah Kepala Stasiun Pasar Turi. Karena prinsip kinerja, bukan tingkat pendidikan, jabatannya terus naik sampai jadi Dirut Operasi.

1 tahun menjabat, PT KAI membukukan pendapatan Rp4,2 Triliun/tahun. Dan di akhir masa jabatan pak Jonan, BUMN itu mencapai pendapatan Rp14 Triliun/tahun.

Yes, karyawan jadi elemen penting yang perlu diperhatikan dalam bisnis. Lebih dari sekedar pekerja, karyawan merupakan orang yang menjadi bagian dari kemajuan sebuah bisnis. Apapun skala bisnisnya.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA