Hijack Marketing, Teknik Gaet Awareness dengan ‘Memanfaatkan’ Blunder Brand Lain

Apakah bisnis anda salah satu yang membuat surat terbuka pada momen blunder Eiger kemarin?

Fenomena memanfaatkan blunder brand lain atau bahkan kompetitor sering disebut dengan Hijack Marketing atau Newsjacking. Kasus surat keberatan eiger kemarin misalnya, dimanfaatkan oleh brand lain untuk membuat hal serupa namun dengan konteks yang positif (berlawanan dengan yang dilakukan Eiger). Ya bisa dibilang brand lain mencuri spotlight dari blunder eiger sebagai bahan untuk menarik awareness market.

Lebih besar dari kasus eiger, 2 brand besar ini juga pernah memanfaatkan blunder momen untuk menarik perhatian.

1. Oreo dan Final Super Bowl

Final super bowl pada 2013 diwarnai dengan berbagai kejadian. Mulai dari halftime show yang heboh, sampai listrik stadium yang sempat mati selama setengah jam.

Oreo memanfaatkan momen tersebut dengan tweet yang intinya Oreo masih bisa dicelup dalam kegelapan. Disaat spot iklan di final Super Bowl yang begitu malah, Oreo berhasil lebih viral hanya dengan 1 tweet tersebut.

2. Nike dan Adidas

Semua tahu Adidas dan Nike adalah pemain besar di apparel olahraga. Saat Olimpiade London 2012 dimana Adidas menjadi sponsor utamanya, Nike membuat sebuah iklan bertajuk Find Your Greatness.

Yang isinya adalah kehebatan dalam berolahraga tak hanya ditemukan di panggung besar seperti Olimpiade, tetapi di dalam diri siapapun yang berolahraga. Yang membuat iklan itu tertuju langsung untuk Adidas adalah tulisan ‘London’ di beberapa shot video iklan tersebut.

Tidak semua kasus hijack marketing berhasil, namun ketika momen dan strateginya tepat spotlight dari blunder brand lain bisa anda manfaatkan dengan baik.

Ingin belajar strategi marketing lainnya secara rinci dan lengkap? Daftar di YEA Batch 41, mulai kelas 25 Juni 2021. Klik disini untuk daftar sekarang ya 🙂

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA