• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Menilik Alasan Alfamart Hadirkan Alfa X, Cara Tepat untuk Bisnis Merespons Konsumen?

Alfamart Hadirkan Alfa X

Beberapa hari lalu netizen heboh lihat tweet di bawah. Jaringan ritel waralaba Alfamart membuat konsep toko berupa co-working space yang cozy dan instagramable bernama Alfa X. Alasan Alfamart hadirkan Alfa X salah satunya adalah merespons perkembangan kebiasaan dan kebutuhan user mereka.

Okay kita bahas dulu kenapa bisa viral. Walau mungkin sebelumnya sudah ramai co-working space yang memang ‘anak muda banget’, Alfamart ritel minimarket yang biasanya hanya belanja lalu pergi ini menghadirkan konsep yang belum pernah digunakan oleh bisnis serupa (khususnya di Indonesia).

Sebenarnya Alfa X sudah ada sejak Desember 2019 lalu loh. Namun, karena isu pandemi Covid-19 yang masuk sejak Januari dan penetapan PSBB yang hampir lebih dari 3 bulan, membuat peluncuran Alfa X kurang terdengar. Saat ini Alfa X baru ada di S Parman Grogol (Untar), Arjuna Kebon Jeruk (Binus) dan Akses UI Depok (UI).

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) yang membawahi waralaba Alfamart termasuk Alfa X, terus berinovasi dan menghadirkan brand baru agar tidak tergerus zaman. Berkaca dari yang dilakukan Seven Eleven yang membuat tempat kongkow di minimarket mereka, para pengunjung terlalu lama nongkrong ketimbang belanja, yang terkadang membuat pengunjung lain kurang nyaman.

Selain toko atau biasa disebut convenience store, fasilitas yang tersedia di Alfa X nantinya adalah nongkrong do seating area, belajar di co-working space, ruang pertemuan khusus, dan panggung mini untuk penampilan band.

Dari kasus Alfa X sudah jelas setiap bisnis harus sadar dan mampu mengikuti perkembangan keinginan dan kebutuhan marketnya. Idealis boleh, tapi tetap harus rasional ya.

Cara paling mudah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan marketmu adalah dengan selalu komunikasi, baik itu lewat konten di social media atau personal message. Buat mereka layaknya teman, bukan hanya pembeli.

Perhatikan juga kebiasaan mereka. Bisa jadi Alfamart hadirkan Alfa X karena kebiasaan market mereka yang senang nongkrong setelah selesai belanja.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA