• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Berikan Ungkapan Terima Kasih yang Berkesan untuk Pembeli!

Image

 

Transaksi jual-beli merupakan langkah awal suatu bisnis. Mengapa? Karena bermula dari transaksi jual-beli, maka Sobat akan menemukan pembeli yang nantinya bisa menjadi pelanggan tetap Sobat. Dan agar tercipta demikian, Sobat dan pembeli harus menjaga hubungan baik meskipun transaksi jual-beli telah selesai. Dengan terciptanya hubungan baik, maka Sobat bisa menciptakan repeat order.

Lauren Hill, seorang Video-Production Specialist Volusion mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk menjaga hubungan baik dengan pembeli adalah dengan berterima kasih kepada pembeli yang pernah melakukan pembelian. Berikan bentuk apresiasi yang berkesan kepada pembeli Sobat.

  • Kartu Ucapan Terima Kasih

Ini adalah hal yang paling sederhana yang bisa Sobat lakukan yaitu dengan mengirimkan kartu ucapan terima kasih setelah pembeli melakukan transaksi. Berikan kartu ucapan dalam bentuk ‘fisik’ kepada pembeli offline. Jika pembeli online, maka Sobat bisa memberikan ucapan terima kasih dalam bentuk e-card yang telah didesain unik dan kirim melalui email kepada pembeli.

 

  • Menyebut nama pembeli di media sosial

Cara lainnya adalah dengan menunjukkan apresiasi melalui media sosial. Sobat bisa me-mention akun Twitter atau men-tag akun media sosial pembeli setelah selesai transaksi. Selain ucapan terima kasih, Sobat juga bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada pembeli. Cara ini akan membuat pembeli merasa selalu diingat dan diperhatikan oleh penjual.

 

  • Memberi rekaman ucapan terima kasih

Video merupakan cara yang paling efektif dalam menunjukkan sisi emosional Sobat. Ucapan terima kasih melalui video akan membangun ikatan psikologis antara Sobat dengan pembeli. Sobat bisa mengirimkan video melalui email atau akun media sosial pembeli.

 

  • Memberi diskon di momen-momen spesial

Siapa yang tidak suka diskon? Semua orang pasti suka diskon. Sobat bisa memberikan diskon atau bonus spesial di momen-momen spesial seperti hari raya, ulang tahun, atau hari libur nasional tertentu. Dengan memberikan diskon di momen-momen spesial ini, maka pembeli akan merasa dihargai dan dianggap ‘spesial’ oleh Sobat.

 

  • Memberikan merchandise gratis

Selain memberikan diskon, apresiasi lain yang bisa Sobat berikan adalah dengan memberikan merchandise gratis. Sobat bisa memberikan merchandise tiap akhir bulan. Sobat bisa memilih salah satu pembeli yang telah melakukan pembelian di bulan tersebut.  

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter