• Call us: 0811-1111-2745
  • halo.csyea@gmail.com

4 Jurus Jitu Menjaga Reputasi Bisnis

Image

 

Menjalankan bisnis online tentunya tidak seperti menjalankan bisnis offline. Kepercayaan menjadi hal yang paling penting yang harus ditumbuhkan di hati konsumen Sobat. Mengapa demikian? Karena dalam menjalankan bisnis online antara Sobat dengan konsumen tidak saling bertatap muka secara langsung sehingga hubungan antara keduanya harus tetap terjaga. Penting bagi Sobat membangun koneksi dengan konsumen. Meskipun konsumen tersebut sudah melakukan pembelian atau pun hanya sekedar bertanya mengenai produk Sobat. Dengan banyaknya citra positif yang didapat dari konsumen, maka Sobat akan jauh lebih mudah membangun koneksi yang baik dengan konsumen.

Jayson DeMers seorang konsultan media sosial mengungkapkan ada empat jurus jitu agar Sobat bisa menjaga reputasi bisnis Sobat di media sosial.  

  1.        Berikan informasi yang tepat

Agar informasi yang Sobat sampaikan tepat dan menuju sasaran, maka Sobat harus memiliki prinsip saat Sobat menulis, share dan posting. Prinsip tersebut yaitu value,quality, dan context. Yang paling penting adalah bagaimana Sobat bisa memberikan posting informasi yang berkualitas. Percuma saja Sobat memberikan banyak postingan namun posting tersebut tidak memiliki kualitas sama sekali.

 

  1.        Bersikap transparan

Maraknya penipuan di media sosial sudah bukan rahasia umum lagi. Ini salah satu alasan mengapa banyak konsumen yang ragu-ragu untuk berbelanja online. Pembeli  mengharapkan kejujuran dari penjual online. Dan Sobat sebagai penjual online harus mampu meyakinkan pembeli bahwa Sobat adalah seorang penjual yang memiliki reputasi yang baik sehingga Sobat dapat dipercaya pembeli.

Kejujuran dan tranparansi sangatlah disukai dan diharapkan oleh semua orang. Inilah yang perlu ditanamkan dalam bisnis online Sobat. Sobat harus bisa bersikap jujur, transparan, dan rendah hati dalam mengakui kesalahan sehingga citra positif akan nampak di mata pembeli.

 

  1.        Membangun komunikasi dengan calon pembeli

Penting bagi Sobat untuk menjalin kedekatan dengan konsumen atau pengunjung situs Sobat. Agar lebih mudah membangun koneksi, berikut ini ada beberapa cara membangun koneksi dengan calon pembeli.

  •   Memberi informasi lebih kepada konsumen dengan membagikan tautan-tautan di media sosial Sobat.
  •   Memberi solusi atas pertanyaan konsumen, meskipun pertanyaan tersebut bukan ditujukan kepada Sobat.
  •   Menyediakan wadah agar konsumen dan Sobat bisa saling diskusi.
  •   Meminta feedback kepada konsumen mengenai produk yang Sobat tawarkan.

 

  1.        Menjadi “superstar” di media sosial

Saat Sobat menjual sesuatu, tentunya Sobat selalu memiliki kompetitor. Apalagi kompetitor bisnis online lebih banyak dibandingkan bisnis offline. Lalu bagaimana caranya agar konsumen bisa lebih melihat keberadaan Sobat dibandingkan kompetitor produk sejenis lainnya?

  •   Sobat harus selalu terhubung secara konsisten dengan banyak pembeli atau konsumen lainnya.
  •   Tanggapi komentar, pertanyaan, kritik atau feedback yang diberikan oleh konsumen.
  •   Selalu aktif di media sosial, namun bukan berarti menjadi spammer.
  •   Selalu menyebarkan konten yang berbobot dan berkualitas.

 

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA