• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

4 Cara Memanfaatkan Hobi Menjadi Peluang Bisnis

Image

Membangun bisnis berdasarkan hobi memiliki keuntungan tersendiri.  Menjalankan bisnis pribadi akan membutuhkan seluruh waktu dan tenaga Anda. Bila Anda tidak siap, mungkin saja Anda akan merasa lelah dan menyerah di tengah jalan.

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi Anda dapat meringankan beban dan lelah karena Anda mengerjakan hal yang Anda sukai.

Berikut ini 4 cara memanfaatkan hobi Anda agar menjadi peluang bisnis:

1. Temukan sesuatu yang Anda sukai

Membangun bisnis pribadi bisa sangat membebani Anda. Anda harus bekerja ekstra lebih keras dibandingkan saingan Anda untuk bisa sukses dan tetap mempertahankan bisnis Anda. Mengerjakan hobi atau sesuatu yang Anda sukai inilah yang nantinya dapat membantu Anda tetap bertahan serta memiliki keunggulan.

2. Kuasai hobi Anda

Berlatih dan berusaha menjadi yang terbaik di bidang yang Anda sukai. Kesuksesan dan keahlian Anda pada bidang yang Anda sukai nantinya bisa membawa Anda pada pertemuan dan perkenalan dengan orang-orang yang bisa membantu Anda dan bisnis Anda nantinya.

3. Kembangkan jaringan Anda

Selain tentang kerja, kebanyakan pengusaha dan eksekutif tingkat atas pastinya memiliki hal lain yang diminati. Seperti hobi akan mobil sport atau olahraga. Cobalah cari tahu pengusaha ternama yang memiliki hobi yang sama dengan Anda. Dengan mengenal mereka secara pribadi, kemungkinan bisa saja membuka jaringan baru atau mereka bisa menjadi pembeli potensial bagi usaha Anda.

4. Jaga keseimbangan hidup

Seiring dengan berjalannya bisnis, Anda juga akan semakin tenggelam dalam kesibukan. Tidak jarang kesibukan ini menyebabkan Anda stres. Pandai-pandailah untuk meluangkan waktu menghirup udara luar dan bersantai, keluar dari rutinitas bisnis Anda untuk menyegarkan diri dan menyiapkan diri menjalani kegiatan-kegiatan bisnis Anda selanjutnya.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati

http://yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter