• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

5 Strategi Membangun Merek Global

Image

Membangun merek global membutuhkan lebih dari sekedar membuat situs web yang dapat di akses dari hampir seluruh dunia. Berikut lima tips untuk membantu Anda membangun merek global.

1. Memahami perilaku pelanggan

Hanya karena konsumen memiliki preferensi tertentu dalam membeli, tidak berarti bahwa preferensi tersebut bersifat universal. Lebih dekat dengan konsumen bukan berarti kantor atau perusahaan Anda berada di dekat konsumen, lebih dekat dengan konsumen disini memiliki arti yang lebih spesifik dalam hal Anda mengetahui dan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen

2. Posisikan diri Anda dengan benar

Pahami persaingan dan lihat keunggulan kompetitif Anda. Siapa saja penyedia produk atau jasa yang Anda jual di daerah Anda atau di negara Anda. Lihat para pesaing Anda, buatlah produk atau jasa yang akan Anda jual berbeda dengan para pesaing Anda, buatlah strategi pasar Anda.

3. Mengetahui terjemahan produk Anda

Sebuah merek atau nama produk dalam satu bahasa terkadang memiliki terjemahan yang berbeda-beda pada suatu negara. Selain memastikan bahwa merek Anda memilki terjemahan yang baik kedalam bahasa lain, pertimbangkan juga warna yang disukai di berbagai pasar.

4. Berpikir luas

Mungkin suatu saat Anda akan perlu untuk memperluas dan menawarkan produk baru berdasarkan permintaan pasar regional, Anda tidak hanya memproduksi produk yang biasa seperti yang awalnya Anda hanya menjual ayam, Anda sudah bisa menawarkan produk-produk lainnya seperti menjual sayur-sayuran ataupun lainnya, dan penting bahwa nama perusahan Anda cukup luas untuk mengakomodasi perubahan tersebut.

5. Cari mitra yang baik

Bekerja dengan pengacara untuk melindungi hak kekayaan intelektual Anda diluar negeri, pengajuan merek dagang yang tepat dan perlindungan paten di tempat lain  jika berlaku. Anda juga bisa mencari perwakilan dagang yang direkomendasikan dari kolega atau kantor perdagangan federal, karena mereka telah memiliki reputasi baik. Jika Anda memutuskan untuk melisensi produk atau nama layanan untuk produsen, melakukan kontrol yang ketat untuk memastikan bahwa tidak akan menyalahgunakan nama dan akan mematuhi standar kontrol kualitas Anda.

Oleh Annabeth

Subscribe
Newsletter