Baru Memulai Bisnis Saat Pandemi? Ini Tips Agar Bisnismu Eksis dan Tak Kalah Bersaing

Baru Memulai Bisnis Saat Pandemi? Ini Tips Agar Bisnismu Eksis dan Tak Kalah Bersaing

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data bahwa, per-bulan September 2020 total UMKM sudah mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Namun data lain dari BPS mengungkap hanya sekitar 13 – 20 persen UMKM yang tetap bertumbuh dan bersaing di tengah pandemi.

Usaha yang berhasil tumbuh dan bersaing di tengah pandemi tersebut adalah mereka yang mampu memanfaatkan platform digital dan eksis di media sosial.

Selain memanfaatkan platform digital, ada beberapa cara agar usaha anda bisa bersaing dengan banyaknya kompetitor. Berikut empat tips yang jadi kunci para pengusaha yang bisnisnya survive, mulai dari produk makanan hingga fashion

  1. Berikan Solusi
    Pastikan bisnis anda bukan hanya sekedar menjual produk, tapi harus memberikan solusi bagi permasalahan target market anda.
    Dengan memberikan solusi, produk anda bukan lagi sebuah keinginan, tapi menjadi kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh target market.
  2. Eksis di Media Sosial
    Buat bisnis anda lebih dekat ke target market dengan selalu hadir di media sosial. Update konten dan promosi yang mampu menarik perhatian followers anda di media sosial.
  3. Facebook dan Instagram Ads
    Selain cara organik dengan rajin membuat konten, sesekali anda bisa beriklan di Facebook dan Instagram Ads. Buat lebih banyak orang tahu tentang bisnis anda dengan memanfaatkan ads.
    Disinilah pentingnya anda memiliki mentor bisnis yang berpengalaman di bidangnya. Sekolah bisnis atau kursus online yang mampu memfasilitasi apa yang anda ingin pelajari.
  4. Mindset Dasar Pengusaha
    Pengusaha, pebisnis, entrepreneur atau apapun sebutan yang sering anda dengar, harus memiliki mindset dasar. Jika mindsetnya saja sudah salah, hal-hal yang anda pelajari ke depannya pun bisa jadi akan keliru.

Oleh karena itu, di YEA diajarkan lengkap mulai dari mindset bisnis, membuat produk yang langsung laris, digital marketing, people management, dan puluhan materi dan strategi bisnis lain yang membuat anda terasah menjadi pengusaha yang sesungguhnya.

Sebagai sekolah bisnis di bandung yang menggunakan kurikulum 70% praktek dan 30% materi, ketika di YEA anda akan belajar langsung bersama para pengusaha seperti mas Jaya Setiabudi (Founder Yukbisnis), Kukuh Indra Prasena (CEO PT Momentum), Gazan Azka (Founder Zanana Chips), Fardi Yandi (Digital Creator & Founder SocialKreatif), dan mentor-mentor bisnis lainnya.

Daftar sekarang di bit.ly/daftarYEA41 atau klik disini sekarang.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA