Bukan Modal, Ini Lima Hal yang Sebaiknya Anda Punya Ketika Memulai Bisnis

Bukan Modal, Ini 5 Hal yang Sebaiknya Anda Punya Ketika Memulai Bisnis

Ketika baru memulai bisnis, apa yang anda harapkan? Punya modal ratusan juta, punya sumber daya yang cukup, atau mungkin punya followers puluhan ribu agar mudah jualan?

Lebih dari itu, sebenarnya ada hal yang penting yang sering dilupakan kebanyakan orang ketika ingin memulai bisnis. Hal ini juga yang diungkapkan oleh beberapa pebisnis yang berharap mereka tahu dan lakukan ini ketika memulai bisnis.

Jangan Lakukan Semuanya Sendirian

Bisnis terbaik adalah bisnis yang dimulai, bukan yang direncanakan. Benar tidak? hehe

Nah, maka dari itu ketika memulai bisnis sendiri dan job desk sudah semakin banyak, anda punya 2 pilihan. Merekrut karyawan atau melakukan semuanya sendirian sampai lelah sebelum bisnis anda bertumbuh.

BACA: Mau Mulai Bisnis UKM? Ini Tiga Cara Menentukan Target Pasar

Find Like-minded People, Not Like-skilled People

Daripada mencari partner yang punya skill, lebih baik cari partner yang mau bertumbuh bersama. Dengan semangat bertumbuh itu anda dan partner akan lebih serius untuk mengembangkan bisnis.

Lebih baik lagi jika anda menemukan partner yang punya skill + punya semangat bertumbuh yang sama.

Banyak Diskusi dengan Mentor

Namanya juga baru mulai bisnis, banyak hal yang belum kita tahu dan harus tahu. Itulah kenapa anda sebaiknya memiliki mentor. Mentor bisa jadi navigator anda untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan.

Abaikan Sesuatu yang Menghambat

Ketika anda memberitahu orang lain soal bisnis yang sedang dibangun, ada 2 tipe respon. Respon positif dan mendukung ,serta respon pasif dan cenderung tidak suka. Dan itu wajar.

Yang perlu diingat adalah ini bisnis anda dan anda berhak melakukan apa yang sedang diperjuangkan. Abaikan semua hal yang dapat menghambat, baik itu dari diri sendiri ataupun dari orang lain.

Tahu Kondisi yang Diinginkan

Penting untuk tahu dan merencanakan kondisi yang anda inginkan. Dengan merencanakan kondisi yang diinginkan serta melihat kondisi sekarang, anda bisa membuat strategi yang tepat untuk mencapainya.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA