• Call us: 0811-1111-2745
  • halo.csyea@gmail.com

Sosok Bersahaja Dibalik Kesuksesan Alibaba.com

PROSES HIDUP

Jack Ma (51 tahun) adalah seorang pengusaha sukses sekaligus filantropis asal China. Dia adalah pendiri selaigus pemimpin eksekutif Alibaba, sebuah grup perusahaan berbasis Internet.

Jack Ma adalah orang China pertama yang berhasil menjadi cover majalah Forbes. Pada November 2014, ia dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 1 di China dan orang terkaya ke-18 di dunia. Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaannya mencapai 29.7 miliar dollar.

Yea tumbuh

Tentang menjadi pengusaha sukses, dalam sebuah talkshow di Korea, Jack Ma memberikan sejumlah nasihat untuk anak-anak muda:

(1) Sebelum berusia 20 tahun

sebelum usia 20 tahun

 

 

 

 

 

 

 

1. jadilah murid yang baik. Jika Anda memang ingin menjadi pengusaha, belajarlah sedikit-sedikit. Jika Anda belajar berwirausaha, lakukanlah banyak kesalahan. Jangan khawatir, jika Anda gagal, bangkit lagi. Jika gagal lagi, bangkit lagi. Nikmatilah semuanya.

(2) Sebelum berusia 30 tahun

yeakarir

ikutilah seseorang. Bekerjalan di sebuah lembaga atau perusahaan. Biasaya, jika Anda bekerja di perusahaan yang besar, Anda akan belajar tentang proses—

pahami bagaimana sebuah mesin besar bekerja dan Anda adalah bagian dari mesin itu. Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan kecil, belajarlah tentang semangat dan cita-cita—bagaimana semua itu dibangun.

Untuk menjaga dan mencapainya, Anda akan belajar bagaimana mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan.

Sebelum berusia 30 tahun, bukan tentang di perusahaan mana Anda bekerja, tetapi kepada siapa Anda belajar. “It is not which company you go, but which boss you follow. Because, a good boss teach you differently.”

(3) Di usia 30-40 tahun atau bahkan waktu kamu masih sangat muda jadilah pengusaha

yeaproduktive

bekerjalah untuk diri Anda sendiri, jika Anda memang benar-benar ingin menjadi seorang pengusaha (entrepreneur). Bekerjalah dengan giat, saat nya anda untuk berfokus dan jangan tergiur dengan hal-hal yang tidak pasti, berjuanglah belajarlah dan mulailah untuk fokus pada karya.

(4) Di usia 40-50 tahun

yeamuda

Anda harus fokus pada semua hal yang benar-benar Anda kuasai. Jangan coba-coba mencari minat atau pekerjaan baru, sebab bisa jadi Anda memang akan sukses tapi Anda hanya punya sedikit waktu.

(6) Saat usia Anda 50-60 tahun

yeausia50tahun

bekerjalah untuk anak-anak muda, karena mereka bisa melakukan hal yang lebih baik daripada yang Anda bisa. Maka bergantunglah pada mereka, berinvestasilah pada anak-anak muda itu, pastikan mereka mengerjakan hal terbaik untuk Anda.

(7) Saat usia Anda di atas 60 tahun

Lansia

Habiskanlah waktu untuk diri Anda sendiri. Nikmati semuanya, bersenang-senanglah.

Dalam talkshow yang sama, seorang anak muda bertanya kepada Jack Ma tentang hal yang paling ia sesali dalam hidupnya, “Setelah semua sukses yang Anda dapatkan, apa yang paling Anda sesali?” Tanya anak muda itu.

“Tidak banyak yang saya sesali, kecuali soal waktu dan privasi. Saya menyesal karena saya bekerja terlalu keras sehingga saya hanya bisa menghabiskan sedikit waktu bersama keluarga saya.”

Share : kamu senang berbagi
Like : kamu setuju
Coment : kamu keren

Melbourne, 5 Juli 2015
FAHD PAHDEPIE

6 Bulan Jadi PENGUSAHA! Open Batch 26,1 Sep ! Daftar : sms nama+email ke 085100311999, Kursi Terbatasssss INFO:yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA