• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Materi 3 Lingkaran Bob Sadino yang Membuat Anda Tidak Takut Gagal

  • Lingkaran 1

Hitam Putih atau yang disebut logika. Sesuai namanya, hitam putih, berarti 2 hal yang berlawanan. Baik, buruk. Untung, rugi. Berhasil, gagal. Selayaknya logika manusia, baik atau buruk tergantung dari sudut mana kita memandang. Kita ambil contoh rezeki, rezeki bisa jadi kemudahan bagi seseorang, bisa juga menjadi hambatan. Tergantung bagaimana kita menyikapi rezeki tersebut.

Kalau rezeki kita gunakan untuk modal mengembangkan bisnis, itu kemudahan. Tapi jika rezeki hanya digunakan untuk foya-foya, mungkin akan menjadi hambatan deh.

  • Lingkaran 2

Lingkaran putih-putih, atau lingkaran bijak. Di fase lingkaran ini, kita berusaha memahami sudut pandang orang lain. Misalnya, kita merasa tertipu partner bisnis, akan tetapi partner tersebut tidak merasa menipu

“Emang gak peka aja kali tuh partner?,”

Tapi, kita lagi berusaha bijak menyikapi sudut pandang orang lain nih, jadi pikiran seperti itu, coba kesampingkan terlebih dahulu. Kenapa partner kita tidak merasa menipu, mungkin karena keputusan yang ia ambil saat itu sudah mempertimbangkan banyak hal.

Wajar kita merasa tertipu karna mungkin kita merasa keputusan yang partner ambil tidak terlalu menguntungkan kita. Ketika kita sudah tahu sudut pandang orang lain dan mencoba memahami, lingkaran bukan lagi hitam putih seperti yang pertama, tapi menjadi putih-putih

  • Lingkaran 3

Lingkaran teratas yang dijamin bikin kita tidak lagi takut gagal. Lingkaran kosong ini namanya lingkaran iman. Ya, iman. Percaya bahwa setiap kejadian di bisnis, kuliah, atau pekerjaan pasti ada hikmahnya. Entah itu sesuai skenario kita, atau melenceng sedikit, atau bahkan jauh. Ya kejadian itu pasti ada sisi positifnya.

Dari materi tiga lingkaran om Bob Sadino ini, intinya kita berusaha menanggapi segala sesuatu dengan positif. Kuncinya? Tawakal sebelum ikhtiar, bukan ikhtiar sebelum tawakal. Sebelum mengambil keputusan atau menjalankan sesuatu, kita udah percaya bahwa hal yang bakal terjadi ke depannya adalah yang terbaik untuk kita.

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA