• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Terlalu Banyak Kompetitor Membuat Bisnis Tidak Bertumbuh? 3 Hal Ini Bisa Jadi Solusi!

Terlalu Banyak Kompetitor Membuat Bisnis Tidak Bertumbuh? 3 Hal Ini Bisa Jadi Solusi!

1. Menjadi Terkenal dan Menjadi Asli

Hasil riset menyebutkan bahwa ada fenomena menarik dari anak angsa yang baru menetas. Anak angsa tersebut akan mengikuti siapapun yang pertama kali ia lihat dalam 13-16 jam pertama setelah menetas, karena menganggap itu adalah ibunya.

Apa brand pizza yang pertama kali anda makan? Kebanyakan pizza hut atau domino bukan? Dan saat itu, kita berpikir bahwa rasa pizza ya seperti ini (Pizza Hut atau Domino). Saat di negara lain, anda bingung karena rasa pizza-nya berbeda sekali, kok asin banget. Dan ternyata di sana bahan keju dan susunya banyak, sedangkan di Indonesia pizza-nya banyak kadar saus tomatnya.

Nah, jika produk anda bisa menjadi imprint untuk target pasar anda (terutama di negara sendiri), maka produk anda bisa dianggap yang asli. Padahal mungkin belum tentu itu yang asli. Itulah keunggulan menjadi yang pertama di suatu produk kategori.

2. Sesuai Selera Masyarakat

Saat kawan mas Jaya Setiabudi dari Jawa Timur main ke Semarang, mas J ajak temannya makan di tempat makan khas Semarang. Dia komentar seperti ini: “Ini apa ya, kok muanis banget.” Karena dia dari Jawa Timur ternyata tidak suka dengan makanan yang terlalu manis.

Rasa makanan yang disuka atau selera sebenarnya dibentuk dari kebiasaan yang ada di daerah tersebut. Jika dari kecil kita seringnya makan asin, maka saat sudah besar tentu lidahnya tidak terbiasa dengan rasa manis.
Pembentukan selera berdasarkan daerah ini tidak hanya terjadi untuk makanan, melainkan juga pada selera musik, pakaian, warna, dll.

Ini juga bisa berpengaruh terhadap produk. Jika ingin suatu produk diterima di suatu daerah, maka ikutilah selera kebanyakan di daerah tersebut.

3. Menjadi yang Pertama

Be the first, be the best, dan be different. Anda tinggal pilih. Kadang menjadi yang pertama belum tentun menjad yang paling dikenal. Oleh karena itu, jika kita ingin membawa ide bisnis /produk dari luar, maka sesuaikanlah dengan selera daerah yang akan kita juali, agar mudah diterima dan dikenal.

YEA Open Batch 42, mulai kelas 5 November 2021. Klik disini untuk daftar sekarang juga!

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA