• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Kriteria Teman yang Bisa Jadi Partner Bisnis, Bagaimana dengan Teman Anda?

teman bisnis

Berbisnis dan berteman jelas dua hal yang berbeda dan tidak bisa disamakan. Partner bisnis adalah teman, tapi teman belum tentu bisa menjadi patner bisnis. Seorang bisnis owner bukanlah superman, bisnis owner harus mengetahui kelebihannya dan fokus pada kelebihannya adalah kunci akselerasi. Begitupun juga harus diimbangi dengan mengetahui apa kekurangan kita dan mencari tim untuk menambalnya.

Itulah kenapa kita harus memilih partner bisnis yang mampu menutupi kekurangan kita. Dan, tidak semua teman yang memahami kita dalam kehidupan sosial cocok untuk partner bisnis kita loh!

1. Akhlaq dulu, baru ilmu
Akhlaq kemudian ilmu. Jangan terbalik yaa..! ini bukan tentang agama lho yah, karena agama urusan masing-masing. Banyak ko yang punya partner yang beda agama dan lebih akur daripada yang sama agamanya. Terpenting: Tak ada 2 jendral dalam 1 peperangan. Dan setiap jendral memiliki teritori masing-masing.

Kalau akhlaq saja tanpa ilmu? Maka Anda hanya akan mendapatkan loyalitas, tapi perusahaan kurang bisa bertumbuh. Kecuali dia memiliki semangat belajar yang tinggi. Kalau pinter tapi songong abis? Biasanya bakal sering ribut.

2. Punya Komitmen
Jika mindsetnya sudah seperti menikah, artinya terima mereka apa adanya dan pertahankan pernikahan dengan komitmen. Ribut-ribut dengan partner sudah biasa, yang penting tidak benci atau dendam. Jika kita beriman, salinglah mendoakan agar sama-sama dapat hidayah dan diberi kerendahan hati.

3. Paham Porsi Kerja
Dalam pernikahan, apakah porsi Anda dengan pasangan Anda berimbang? Jarang sekali ditemukan yang berimbang, kecuali saling menutupi. Sekelas Nabi Muhammad aja membutuhkan dukungan Khadijah saat ‘ketakutan’ atau ‘down’. Ada yang bagian dapur, ada yang bagian tempur. Jika salah satu ngambek, ya diamkan dahulu, the show must go on.

Biasanya berjalan waktu, akan sembuh kembali. Kan dulu ‘default-nya’ rajin, bukan pemalas. Mungkin momentumnya sedang drop, karena sesuatu. Positive thingking aja dulu.

Dari tiga poin di atas, teman anda masuk kriteria jadi partner bisnis belum nih?

YEA Open Batch 42, mulai kelas 5 November 2021. Klik disini untuk daftar sekarang juga!

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA