• Call us: 085-100-313999
  • info@yea-indonesia.com

Growing Your Business with Canvas

December 11, 2016
Dispora jawa barat

Growing Your Business with Canvas

“Sepulangnya dari acara gathering di Karimun Jawa, tim YEA langsung disuguhkan segudang jadwal acara. Salah satunya adalah workshop untuk peserta Dispora 2016. Benar-benar ‘strong’ tim YEA ini.”

11 Desember 2016, YEA mengadakan workshop ‘Business Model Canvas’ untuk 100 peserta entrepreneur Dispora Bandung 2016. Diselenggarakan di Hotel Mitra Bandung.

3-1

Bekerjasama dengan Dispora Kota Bandung, YEA memberikan workshop bagi para entrepreneur yang ingin mengetahui value untuk bisnis mereka kedepannya. Diharapkan peserta dapat memetakan alur bisnis, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kelemahannya yang menjadi tolak ukur dalam pembuatan strategi.

Hal ini dianggap penting, sebab kebanyakan dari pengusaha yang bangkrut bukan karena tidak ada pemasukan, melainkan ‘asal’ dalam menjalankan bisnis tanpa menggunakan strategi yang tepat.

Business Model Canvas (BMC) adalah sebuah konsep yang menyederhanakan 9 pilar penting dalam sebuah usaha, sehingga kita bisa lihat semua hal penting tersebut dalam selembar kertas saja. Memudahkan kita untuk memahami konsep usaha kita dan take action dengan lebih tepat.

4-1

Kita menjadi tahu apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan usaha kita. Apa yang kurang, dan apa yang perlu diperbaiki.

9 pilar usaha tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Customer Segment: Siapa target pasar kita
  2. Customer Relationship: Bagaimana cara menjalin hubungan baik dengan konsumen
  3. Channels: Bagaimana cara kita menyampaikan produk
  4. Value Proposition: Apa yang kita tawarkan pada target pasar
  5. Revenue Streams: Bagaimana bisnis kita menghasilkan uang
  6. Key Activities: Apa saja kegiatan – kegiatan yang menguntungkan bisnis kita
  7. Key Partners: Siapa mitra yang mendukung bisnis kita
  8. Key Resources: Apa saja sumber daya yang harus kita punya
  9. Cost Structure: Biaya operasional apa saja yang harus kita keluarkan  

Semua usaha, apapun itu, baik online maupun offline, pasti ada 9 pilar ini.

Materi BMC disampaikan oleh Kukuh Indra Prasena selaku CEO dari YEA. Dilanjutkan dengan praktek BMC oleh peserta dispora secara berkelompok. Tiap kelompok dibimbing oleh 1 fasilitator YEA.

dispora jabar yea

Workshop menjadi semakin meriah saat BMC peserta dilombakan di akhir acara. 2 Kelompok yang dianggap baik BMC-nya, mendapatkan hadiah berupa buku ‘Business Model Generation’ dan voucher E-Camp untuk masing-masing anggota.

Semoga materi Business Model Canvas dapat membantu peserta dalam menjalankan strategi bisnis kedepannya dengan lebih baik.

Subscribe
Newsletter