• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

YEA Menggunakan Sistem Belajar Gamification Pertama di Indonesia

YEA Menggunakan Sistem Belajar Gamification Pertama di Indonesia

Apa itu gamification..? Mungkin masih asing terdengar oleh sebagian orang. Tapi simpelnya, gamification adalah belajar menggunakan sistem game.

Penerapan teknik dan strategi dari sebuah permainan ke dalam konteks non-permainan untuk menyelesaikan suatu masalah. Metode ini bekerja dengan cara membuat materi atau teknologi menjadi lebih menarik dengan mendorong siswa untuk ikut terlibat dalam perilaku yang diinginkan. Tujuannya yaitu meningkatkan partisipasi, motivasi, dan prestasi siswa.

Mengapa harus gamification..??

Dalam sistem belajar bisnis menggunakan metode gamification di YEA, terkandung 6 unsur penting yaitu:

  1. Kompetisi

Untuk menciptakan seorang pengusaha, kita perlu menempa siswa untuk terbiasa menghadapi kompetisi. Karena dalam dunia bisnis, kompetisi layaknya hukum alam. Jika kalah dalam kompetisi, maka target pasar kita akan direbut oleh kompetitor sehingga dapat mematikan bisnis kita.

Terdapat 5 challenge expriential learning yang harus diselesaikan siswa YEA dengan deadline waktu yang telah ditentukan:

Selling Competition

– Effective Promotion Competition

– Digital Marketing Competition

– Home Business

– Event Organizer

Masing-masing project tersebut mengandung syarat dan ketentuan yang berbeda. Ada yang targetnya omset, trafik, ataupun jumlah closing.

  1. Kalah-menang

Di tiap kompetisi pasti ada kalah dan menang. Hal ini akan membuat siswa selalu berinovasi atau berusaha menyusun strategi yang tepat agar menang di setiap kompetisi. Karena jika kalah, punishment-pun menanti mereka.

  1. Reward-punishment

Berfungsi sebagai motivasi siswa agar selalu berusaha memenangkan kompetisi. Reward dibuat semewah mungkin, dan punishment sengaja dibuat sesakit mungkin, agar siswa tahu pain – pleasure nya jika kalah atau menang dalam kompetisi. Hal ini yang akan membuat siswa menjauhi pain saat kalah, sehingga berusaha untuk menang di kompetisi berikutnya.

  1. Game over..??

Sering kita kenal istilah ini dalam game apapun. YEA sangat ketat menilai kedisiplinan tiap siswa. Contoh, siswa hanya diperbolehkan absen sebanyak 3 kali selama 6 bulan pembelajaran. Jika lebih dari itu, maka akan langsung di drop out. Dan masih ada beberapa peraturan lainnya yang jika dilanggar siswa maka akan langsung menyebabkan siswa tersebut game over dari YEA.

  1. Kartu sakti – kartu sakit

Kartu sakti adalah kartu keuntungan untuk siswa yang berhasil memenangkan kompetisi, atau yang meraih kategori positif dalam hal tertentu. Biasanya berupa mentoring khusus dengan praktisi atau ekspertis, ataupun dapat berupa kartu penyelamat yang dapat menyelamatkan siswa saat terkena punishment. Malah kabarnya, ada kartu sakti berupa penyelamat siswa dari uang SPP lhoo..!!

  1. Leaderboard

YEA merupakan game bisnis yang real, sehingga siswa dapat melihat langsung ranking-nya melalui leaderboard apakah ada di posisi aman atau malah ada di posisi paling bawah.

Siswa dengan peringkat paling akhir di leaderboard-nya terancam mendapatkan punishment atau bisa juga malah game over. Hal ini yang membuat mereka akan selalu berusaha menjadi yang terbaik di setiap kompetisi.

Di YEA, 24 jam siswa dituntut untuk selalu menyiapkan mental, membuka mata, pemikiran, dan juga mempertahankan integritas. Jadi, siapkah kamu belajar di YEA..??

—————————————————————

YEA Open batch 34, mulai kelas 7 Mei 2018..!! Hanya untuk 50 SEAT..! → bit.ly/daftarYEA34

Info dan pendaftaran, hubungi 085100313999 (sms/wa)

yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter