• Call us: 085-100-313999
  • info@yea-indonesia.com

Mitos Yang Salah Untuk Menjadi Seorang Pengusaha

Mitos Yang Salah Untuk Menjadi Seorang Pengusaha

Ketika menjadi pengusaha, kita dihadapi oleh banyak ketakutan-ketakutan yang membuat kita ragu untuk memutuskan jadi seorang pengusaha. Pada umumnya, mitos-mitos tersebut tidak benar dan hanya asumsi-asumsi yang tidak didasarkan pada fakta yang sesuai.

Mitos-mitos ini muncul di kalangan masyarakat dan menghambat terbentuknya iklim positif yang mendukung munculnya pengusaha-pengusaha baru. Mitos-mitos ini harus di ubah dan dihilangkan dari asumsi-asumsi dan pemikiran Anda sebelum masuk kedalam dunia bisnis.

Beberapa mitos yang sering ditemui adalah sebagai berikut :

  1. Pengusaha yang Sukses Berdasarkan Jalan Nasib yang Sudah Ditentukan

Banyak orang yang tidak mau memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha karena ia merasa tidak mempunyai bakat atau keberuntungan untuk bisa jadi seorang pengusaha. Biasanya ungkapan yang sering diucapkan adalah “Bukan takdir saya untuk menjadi seorang pengusaha”. 

Ucapan-ucapan ini seringkali jadi pembelaan ketika sesorang gagal dalam bisnis. Sejatinya proses kesuksesan seringkali harus melewati banyak kegagalan. Takdir pun ditentukan dengan besar usaha (ikhtiar) dan juga doa ( tawakkal ) kepada Tuhan YME.

  1. Pengusaha yang Sukses Berasal dari Keturunan yang Juga Sukses

Saya pernah berdialog dengan salah seorang teman yang tidak berani untuk total jadi pengusaha karena dia merasa di keluarganya tidak ada yang mengambil profesi tersebut. Mitos ini salah total, kesuksesan tidak dijamin oleh latar belakang atau keturunan kita, kesuksesan usaha murni diakibatkan oleh kerja keras dan visi besar yang kita miliki.

  1. Jadi Pengusaha Setelah Mendapat Peluang

Alasan yang sering muncul dari teman-teman yang masih ragu dengan jalan pengusaha adalah mengenai momentum. Banyak teman-teman yang menunggu waktu atau saat yang tepat untuk berusaha, terkadang menunggu kesempatan atau peluang besar yang muncul.

Anda yang ada di dalam posisi ini akan mudah tertinggal dengan teman-teman yang lain. Peluang itu seperti  kesempatan emas yang tidak akan datang dua kali. Sebagai  calon  pengusaha sukses, Anda harus punya inisiatif besar untuk mengejar, bukan menunggu peluang yang muncul.

  1. Pengusaha Sukses Biasanya Punya Modal Besar

Ini juga salah satu alasan yang sering muncul yang menghambat para pengusaha pemula. Modal besar selalu diidentikan dengan jumlah uang yang besar. Padahal uang bukan satu-satunya modal, modal bisa juga berupa skill, jaringan pertemanan, atau bahkan kemampuan berbahasa. Modal uang besar juga tidak menjamin kesuksesan dan kestabilan bisnis Anda.

Banyak pengusaha yang bahkan tidak punya uang namun tetap bisa memulai bisnisnya dengan sukses berkat modal-modal lain yang dimilikinya.

  1. Pengusaha Sukses Memiliki Ilmu Bisnis yang Sejalan

Apa jadinya jika lulusan IT menjadi seorang pengusaha kuliner sukses, Anda bisa search Rangga Umara, seorang pengusaha sukses pemilik puluhan restoran yang tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Beliau adalah salah satu contoh pengusaha yang bisa sukses dengan backgroundyang tidak mendukung.

Tidak ada hipotesa yang berkata bahwa pengusaha sukses harus mempunyai latar belakang ilmu yang sejalan. Ilmu di dalam dunia bisnis banyak berfungsi sebagai elemen pendukung. Namun hal yang pasti adalah ilmu akan berguna untuk meningkatkan kapasitas Anda dan bisnis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe
Newsletter