• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

“Bisnis lagi nyungsep ehh.. malah lolos ginian..”

August 5, 2019

“Bisnis lagi nyungsep ehh.. malah lolos ginian..”

Ya, itulah yang terlontar dari Oby owner Indobot saat masuk audisi 25 besar ASC (Astra Startup Challenge) batch 3. 

FYI, ASC adalah salah satu sarana lomba bisnis bagi start-up, yang melakukan pembinaan sebelum penjurian. Padahal biasanya lomba bisnis yang lain akan membina setelah penjurian dilakukan. Kalau ini beda kan..?? Peserta akan dibina dulu, baru deh diadakan penjurian pemenang 1,2, dan 3-nya. Nah YEA lah yang bertugas untuk membuat program, membina, sekaligus yang melakukan penjurian setelah 6 bulan pembinaan. YEA dan ASC sudah melakukan ini untuk ketiga kalinya. 

Di masa pembinaan tersebut peserta dibimbing agar dapat membenahi bisnisnya untuk jadi lebih baik. Kabarnya, setelah lolos dan menerapkan beberapa ilmu yang telah diberikan ada salah satu finalis yang omsetnya bisa naik 4 kali lipat. 

Tapi, tunggu dulu.. Sebelum kami cerita, kami ingin mengungkapkan perasaan kami dulu boleh kali ya (yah, malah curhat deh..)

Peserta Astra Starup Challange

Saat mendengar peserta binaan mengatakan bahwa omsetnya naik 4 kali setelah mengikuti pelatihan, rasanya… (happyyy…)

“Tidak ada bisnis yang jelek, yang ada siapa orang di balik bisnis tersebut.”

Ya, banyak hal yang kita anggap sepele memang. Buku tebal dianggap bagus isinya, buku tipis dianggap tidak ada ilmunya. Padahal, yang paling penting adalah action. Ilmu bisnis di semua tempat hampir sama sebenarnya, hanya saja kami selalu mengemasnya untuk lebih mudah dicerna.

Seperti di kompetisi ASC (Astra Start-Up Challenge) batch 3 beberapa waktu lalu, alhamdulillah YEA kembali diamanahi sebagai juri sekaligus pembina untuk para peserta selama 6 bulan. Dari ribuan proposal, hanya 25 saja yang berhak mendapatkan pembinaan dari YEA.

Berdasarkan pengalaman kami, banyak pebisnis yang membuka usaha asal jalan dulu di awal dan terlena dengan omset tinggi hingga kemudian stagnan. Yang menjadi permasalahan di sini adalah mereka tidak mengetahui penyebab dari mentoknya bisnis tersebut. Boro – boro untuk membenahi, hal apa yang tidak beres saja tidak tahu hehe..

Oleh karena itu, YEA selalu memberikan materi dasar yang selalu disepelekan atau bahkan mungkin dianggap tidak penting. Padahal materi ini berlaku hingga level bisnis tinggi sekalipun. Materi tersebut di antaranya adalah:

 

  1. 5 Ways to Increase Profit
  2. Reprofiling
  3. Growth hack
  4. Revolusi Bisnis Model
  5. 5 Tangga Bisnis
  6. Design Thinking
  7. Produksi
  8. Makna Sukses
  9. Konsep Rezeki
  10. Angka Cukup

Alhamdulillah, melalui mentoring dan pembekalan materi tersebut ada salah satu di antara peserta yang masuk dalam finalis tiga besar berhasil menaikkan omsetnya 4 kali lipat. Hal tersebut benar-benar membuat kami haru sekaligus bangga karena kontribusi kami ternyata tidak sia-sia.

Bagaimana ceritanya? Yuk simak penuturan dari Oby Zamisyak owner Indobot berikut ini yang kami sadur dari akun instagram @zamisyakoby.

(Sengaja kami tidak edit kembali bahasa Mas Oby agar tidak keluar dari makna yang dimaksud. Semoga menginspirasi..)

“Semua berawal dari posisi terbawah yang saya alami awal tahun 2019. Pada bulan itu semuanya mulai surut. Sempat frustasi, bingung, gak tau mau ngapain. Hal yang saya fikirkan adalah pulang kampung saja. Fikiran terasa mentok bingung mau ngapain.

Tiba-tiba tanggal 11 Februari 2019 saya dapat kabar Lolos Astra Startup Challenge Batch 3, posisi saat itu masih di Tangerang. Pada saat itu saya sangat bingung. Ini usaha juga lagi nyungsep malah lolos ginian, terus yang mau dipresentasikan apanya?? Singkat cerita saya melengkapi berkas-berkas dan membuat video company profil. Pada tanggal 27 Februari 2019 saya mendapat kabar bahwa @indobot.co.id lolos 25 besar. Saya pun kaget, kok malah lolos ya padahal bisnis lagi nyungsep.

Tetapi di sini ada yang menarik, ternyata yang melatih di Inkubasi itu dari YEA. Sebelum lulus kuliah inget banget pernah izin ke ibuk buat belajar di YEA 6 bulan. Alhamdulillah Alloh malah memberikan pelatihan gratis selama 6 bulan lewat program Astra Startup Challenge. Dari sini langsung niat untuk ikut kompetisi berubah menjadi niat untuk belajar.

Alhamdulillah di ASC Batch 3 saya bisa belajar banyak, mulai makna sukses, konsep rezeki, angka cukup, revolusi bisnis model, 5 tangga bisnis, design thinking, produksi dan yang paling mengena adalah Growth Hack. Sehingga saya jadi paham apa yang perlu saya dahulukan.

Mulai menggunakan konsep Buka Langsung Laris saya riset pasar yang potensial dari hasil penjualan produk sebelumnya. Setelah itu uji ngangenin jualan dengan nama yang asosiasinya jelas “IoT Academy”. Ya jelas, layanan belajar IoT. Dari sini Alhamdulillah bisnis langsung berubah naik drastis. InsyaAlloh bisnis mulai sekarang lebih terarah dengan 5 tangga bisnis.

Alhamdulillah luar biasa. Terimakasih PT Astra Internasional Tbk, @yeaindonesia, Pak @jayasetiabudi, Pak @arif_gampang_utomo, Pak @kukuhyea, Pak @dwiindrapurnomo, Mas @riko.sasongko dan semua teman-teman ASC Batch 3.

Terakhir, bahwa konsep rezeki dan makna sukses membuat saya merasa ketika kita ikhlas melakukan sesuatu maka rezeki akan datang sendiri. Namun ketika kita banyak hitung-hitungan maka rezeki akan tersendat. MasyaAlloh.

Nah, gimana ceritanya..?? Semoga menginspirasi dan tunggu cerita inspiratif lainnya ya.. 

(Btw, boleh di share kok ceritanya hehe..) #Yea-asc

Subscribe
Newsletter