• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

25 Finalis ASC 2018 Siap Menghadapi Kompetisi dalam 6 Bulan Kedepan

Dibuka dengan Entrepreneur Camp, 25 Finalis ASC 2018 Siap Menghadapi Kompetisi dalam 6 Bulan Kedepan

Welcome to the jungle..!”

Itulah greetings salah satu juri ASC 2018, Nining I Soesilo sebagai pendiri dan penasehat Pusat UKM Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada para finalis ASC 2018.  Para finalis diharapkan berkompetisi secara totalitas dan menjunjung tinggi sportifitas.

Astra Start-Up Challenge (ASC) merupakan salah satu rangkaian program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas oleh Astra dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.

Bekerjasama dengan Young Entrepreneur Academy (YEA) sebagai juri dan fasilitator untuk para finalis, kini ASC berlanjut di batch 2. Lebih dari 300 entrepreneur mengikuti seleksi proposal submission, namun hanya 25 peserta terpilih yang  berhak mengikuti mentoring selama 6 bulan kedepan.

25 finalis yang sebagian besar bisnisnya bergerak di bidang teknologi, disambut oleh kompetisi pertama dalam Entrepreneur Camp (ECAMP) 138 pada tanggal 26-28 Januari 2018 kemarin. Di antaranya ada Rianes Putra dari Sampahmuda, Budi Handoko dari Shipper, dan si cantik Septiyani dari Batik Canting Hijau.

Dalam ECAMP, 25 finalis akan diuji mental, kerjasama, kecerdasan, dan mindset dalam berwirausaha. ECAMP yang merupakan pelatihan mindset bisnis selama 3 hari 2 malam, menjadi sangat spesial bagi para finalis karena terdapat beberapa simulasi khusus yang tidak disediakan untuk peserta ECAMP umum.

Meski begitu, Kukuh Indra Prasena selaku CEO Young Entrepreneur Academy menyampaikan pada para finalis bahwa ada yang lebih penting dari sekedar menjadi pemenang dalam kompetisi ini, yaitu menjadi pemenang di hati para peserta lainnya. Karena networking, skill, dan knowledge itulah hadiah berharga yang sesungguhnya. Beliau pun menyebutkan bahwa peserta harus benar-benar memanfaatkan semua fasilitas mentoring yang diberikan oleh pihak Astra maupun YEA. Ini adalah kesempatan yang baik untuk menguras ilmu sebanyak-banyaknya.

Beliau membawakan materi Designing Product that Customer Want, yang menjadi materi pertama untuk finalis ASC 2018 pada 12 Februari 2018. Materi gabungan dari design thinking dan business model innovation tersebut mengingatkan peserta untuk belajar berempati pada konsumen. Karena hanya dengan itu kita akan mengetahui apa yang customer inginkan. Dengan begitu, kita dapat menyesuaikan bisnis model apa yang sebaiknya dipakai untuk memasarkan produk yang kita punya. Karena hasil yang baik diperoleh dari strategi yang tepat.

Jadi, siapakah yang akan bertahan hingga 6 bulan kedepan..?? Kita tunggu hasilnya di Final Astra Start-up Challenge 2018 ya..!!

Subscribe
Newsletter