• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Pilih Produk Umum Karena Lebih Mudah Dapet Market, Yakin? • yea-indonesia

Buat kamu yang masih berpikir kalau produk dengan kategori umum lebih mudah memenangkan market, coba deh baca ini. Biar tidak salah pilih produk!

Masuk ke pasar yang sudah berdarah-darah aka bleeding market membuat kamu harus siap untuk berdarah juga dong. Jangan sampai kamu masuk tapi belum tahu resikonya, bunuh diri deh.

Ketika kamu belum tahu customer seperti apa yang ingin kamu tuju, cobalah buka supermarket. Karena pada dasarnya, di supermarket tidak ada yang jualan. Jadi, kesempatan kamu untuk menawarkan banyak hal ke pembeli lebih terbuka.

Tapi, kalau udah banyak ‘supermarket’, kenapa kamu gak coba lirik ke spesifik market? Bisa masuk ke grosiran untuk produk tertentu, atau lebih ke hulu lagi.

Semakin spesifik barang yang kamu jual, maka semakin mudah juga untuk menang dipersaingan. Selain itu, akan mudahkan kamu juga untuk bangun brand-nya.

Contohnya nih, ditengah persaingan bisnis hijab yang jelas-jelas bleeding, kamu menjual gamis-gamis kantoran. Yang selain syar’i, gamismu itu cocok banget untuk dipakai ke kantor atau meeting ketemu klien.

Terus kamu kasih tahu ke teman-teman dari sabang sampai merauke kalau kamu jualan gamis kantoran. Nah, dari sekian banyak temen kamu yang membutuhkan dress buat ke kantor tapi tetap ingin syar’i, kemungkinan besar dia akan ingat kamu dan langsung tanya sebelum dia cari di tempat lain. Begitu kira-kira.

Kalo kata Al Ries, seorang marketer professional, “Merek terkemuka harus mempromosikan kategorinya, bukan brand-nya.”

Di contoh gamis tadi, kamu harus bisa memegang kata kunci ‘gamis kantoran’ ke dalam merek kamu. Kamu harus bisa menancapkan positioning tersebut di benak target pasar sebagai brand hijab yang khusus menjual gamis kantoran.

Brand yang mengandung kata kunci produk unggulan yang spesifik cenderung lebih menarik dibanding lautan produk umum lainnya lho.

Jadi, kamu pilih produk umum atau spesifik nih?

Subscribe
Newsletter