• Call us: 085-100-313999
  • [email protected]

Bagaimana caranya meningkatkan omset 2 kali lipat dengan lokasi yang kurang strategis..??

Di jaman serba canggih ini, ‘lokasi’ dalam arti harfiah sudah tidak lagi menjadi barrier untuk pengembangan bisnis. Lokasi yang tidak strategis sekalipun jika menggunakan internet dengan tepat sebagai media promosinya, maka akan mendatangkan omset.

Banyak bisnis makanan dan minuman sekarang yang sudah mulai sedikit demi sedikit tidak lagi menyediakan fitur ‘dine in’, alias pembeli tidak lagi menyantap makanannya ditempat. Melainkan dibawa pulang atau take away. Cara tersebut selain dapat menghemat biaya operasional dari proses ‘dine in’ juga menjadi solusi bagi kita yang tidak mempunyai tempat luas dan kurang strategis.  

Maraknya jasa food delivery seperti go food juga menaikkan angka permintaan take away. Karena bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan dan tak sempat mampir ke tempat makan yang mereka mau, maka food delivery-lah solusinya.

Take away’, seolah menjadi kata ajaib yang memberikan solusi untuk pembeli yang ‘sibuk’, sekaligus pencerahan bagi penjual yang ingin memangkas biaya dine in.

Seperti halnya Kopi Pudak yang tahun ini ingin menaikkan omset dengan fitur take away. Rasanya yang enak dengan harga yang sangat terjangkau menjadi salah satu andalan kopi pudak, namun sayangnya tidak banyak orang mengetahui hal ini. Kedai kopi yang beralamatkan di Jalan Pudak Kota Bandung tersebut menjadi salah satu klien YEA dalam Effective Promotion Competition (EPC) YEA Batch 34.

Dalam kompetisi EPC, siswa YEA ditugaskan untuk menganalisis masalah klien dan memberikan solusi promosi yang efektif sesuai dengan keinginan klien. Kelompok dengan strategi ter-efektif secara teknis maupun keuangan itulah yang akan menjadi pemenang, dan berhak mendapatkan special privileges yang dapat digunakan untuk kompetisi berikutnya.

Berikut rangkuman strategi promosi efektif yang diberikan oleh kelompok pemenang untuk meningkatkan omset Kopi Pudak menjadi 2 kali lipat. Yuk kita simak..

  1. Menggunakan frame work 5 ways to increase profit

Lead x convertion rate % = customer

Customer x jumlah transaksi/bulan  x rata-rata Rp/transaksi = omset

Omset x margin % = keuntungan

Mereka melakukan perhitungan mundur mulai dari perolehan profit awal yaitu 8 juta hingga didapatkan jumlah lead. Ternyata didapat angka lead yang sedikit.

Karena lokasi kedai Kopi Pudak tidak strategis, maka harus dimaksimalkan promosi online agar memperbanyak lead. Trafiknya dalam hal ini adalah followers dari instagram Kopi Pudak itu sendiri. Otomatis yang perlu dibenahi dahulu adalah konten serta tampilan visual instagram Kopi Pudak. Memperbaiki template ig, copywriting, konten, hashtag, dan membuat highlight.

  1. Melakukan analisis profil pembeli dan calon pembeli

Profil lead dan trafik Kopi Pudak yaitu all gender dengan rentang usia 25-34 tahun, yang berprofesi sebagai karyawan dan juga mahasiswa. Urban generation yang banyak kegiatan sehingga cenderung menyukai fitur take away.

  1. Mengadakan promosi online dengan konten viral

Karena rasa Kopi Pudak yang sudah teruji, maka yang perlu dilakukan hanya memberitahu orang-orang dengan cara memberikan 1000 cup gratis all varian sebagai Viral Marketing. Kemudian mempromosikan 1000 cup gratis tersebut melalui paid promote di akun-akun terkenal di Bandung.

Anggap 10% dari followers paid promote yang melihat postingan tersebut, dan 1 % dari yang melihat itu yang akhirnya melakukan pembelian, maka itulah yang akan meningkatkan omset dan profit menjadi 2x lipat.

Misalkan menggunakan paid promote melalui akun @infobdgcom yang memiliki 579k followers, maka akan ada minimal 57900 orang yang melihat postingan promosi Kopi Pudak. Dari 57900 orang tersebut diambil 1% saja yang akhirnya membeli Kopi Pudak, maka akan ada 579 orang yang membeli. Jika harga 1 cup Kopi Pudak adalah 15ribu Rupiah, maka total omset dari dari paid promote 1 akun saja adalah 8,6 juta Rupiah. Sehingga untuk meningkatkan omset 2x lipat maka diperlukan promosi minimal di 2 akun.

  1. Mainkan iklan berbayar

Buat instagram ads sesuai dengan profil lead Kopi Pudak yang telah dibahas sebelumnya. Gunakan media insta story untuk beriklan.

Itulah strategi yang dipaparkan oleh kelompok pemenang EPC YEA 34, semoga bermanfaat.. 🙂

Subscribe
Newsletter