• Call us: 0811-1111-2745
  • halo.csyea@gmail.com

Cara Pengusaha Memanfaatkan Waktu

Image

Seorang pengusaha harus dapat memanfaat dan menggunakan waktunya dengan tepat, efektif, efisien dan menguntungkan. Anda wajib menggunakan waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Sebelum membahas lebih dalam lagi, ada baiknya Anda menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Apakah Anda telah membagi waktu menurut semestinya?
  2. Apakah pengeluaran yang dilakukan tepat obyek dan waktu?
  3. Untuk apa waktu-waktu yang Anda gunakan?
  4. Apakah waktu Anda telah terbuang sia-sia?
  5. Berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk hal yang bermanfaat?
  6. Bagaimana cara membagi waktu agar bermanfaat?

“Waktu adalah uang”, istilah itu sangatlah tepat untuk para pengusaha. Bagi pengusaha, waktu itu sangat berharga dan lakukan hal-hal yang yang berguna untuk kemajuan usaha Anda. Bagaimana memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien? Berikut ini caranya:

a. Membuat perencanaan usaha dan kegiatan untuk mencapai tujuan. Hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan usaha adalah:

  • Merancang jenis usaha dan kegiatan
  • Menentukan prioritas usaha dan kegiatan yang dianggap penting untuk didahulukan. Buatlah rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.
  • Merenungi kegagalan-kegagalan yang pernah Anda alami, faktor penyebabnya dan cara mengatasinya

b. Biasakan untuk membagi dan menepati waktu dalam kehidupan sehari-hari. Lebih efektif lagi jika Anda menyusun jadwal kegiatan Anda sehari-hari.

c. Anda harus sadar bahwa waktu sangat berharga untuk mengisis kehidupan Anda dengan berkarya dan berprestasi.

d. Merenungkan hal-hal yang menjadi tujuan hidup Anda. Kemudian mencoba merumuskan tujuan secara operasional dengan mempertimbangkan kondisi-kondisi yang dapat memperlancar maupun menghambat tercapainya tujuan perusahaan.

e. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan Anda.

f. Latih kedisplinan Anda dan berusaha untuk membiasakan diri agar dapat bekerja konsentrasi penuh. Anda dapat mencari tempat kerja yang tenang dan bebas dari gangguan konsentrasi.

g. Manfaatkan waktu senggang Anda untuk kegiatan yang berguna.

h. Manfaatkan jam waktu makan sebaik-baiknya. Buat waktu jam makan bersama dengan keluarga Anda, dengan begitu Anda akan mendapatkan kesempatan berharga untuk menjalin hubungan dengan kekeluargaan, bertukar pikiran, serta merancang kegiatan-kegiatan yang efektif untuk kepentingan bisnis.

i. Sebisa mungkin hindari kesalahan-kesalahan dalam melaksanakan tugas Anda. Kesalahan memerlukan perbaikan dan pengerjaan ulang sehingga dapat membuang waktu Anda.

Oleh: Winda Chan
Ilustrasi: Ary Pratama
Editor: Kiki A Larasati
http://yea-indonesia.com

Subscribe
Newsletter
Open chat
1
Tanya Disini Yuk
Hai, calon pengusaha!
Selamat datang di YEA